JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3
JURNAL
REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3
PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID
Oleh
DWI SUDARTI, S.Pd
CGP Angkatan 7 Kabupaten Melawi
Model 4F
(Fact-Feeling-Finding-Future)
FACT
Pengalaman materi
pembelajaran yang baru saja diperoleh adalah saya telah mempelajari modul 3.3
Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid yang intisarinya dapat
dirangkum melalui alur MERDEKA.
Pada alur Mulai dari Diri
saya diberikan pertanyaan pemantik dengan tujuan memancing pemikiran rasa ingin
tahu terhadap materi yang akan dipelajari. Sesi pembelajaran 1, saya
mendapatkan pengetahuan tentang program kegiatan intrakurikuler, kokurikuler,
maupun esktrakurikuler. Diakhiri dengan refleksi terhadap pengalaman saya yang
paling berkesan saat terlibatt dalam berbagai program di sekolah semasa
saya menjadi murid.
Pada alur eksplorasi konsep
saya mengkonstruksi pemahaman tentang kepemimpinan murid (students’ agency) dan
kaitannya dengan profil pelajar Pancasila, suara (voice), pilihan (choice), dan
kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid, lingkungan yang
mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid serta pentingnya melibatkan komunitas
untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid. Sedangkan pada forum diskusi
eksplorasi konsep kami diskusi secara sinkronm menganalisis sejauh mana suara,
pilihan, kepemilikan murid dipertimbangkan dalam sebuah contoh program atau
kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, atau ekstrakurikuler di sekolah.
Pada alur Ruang kolaborasi
pertama, saya melakukan diskusi secara tatap maya bersama kelompok tentang
program yang didiskusikan pada ruang diskusi dan mempresentasikan kepada
kelompok lain dan saling memberi umpan balik. Setiap kelompok memiliki waktu 10
menit untuk mempresentasikan. Fasilitator dan CGP menarik kesimpulan hasil
diskusi. Ruang kolaborasi kedua, kami diminta untuk mempresentasikan program
yang mempromosikan suara, pilihan dan kepemilikan kemudian diberi umpan balik
oleh kelompok lainnya.
Pada alur Demonstrasi
kontekstual, saya mengembangkan ide dari ruang diskusi menjadi sebuah Prakarsa
perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model
manajemen perubahan BAGJA. Program yang saya susun berjudul ASAM PELAM
singkatan dari Ambil Sampah, Peduli Lingkungan dan Alam.
Pada alur Elaborasi
Pemahaman kami bertemu instruktur Christian Puguh yang menguatkan kami tentang
program yang berdampak positif kepada murid. Dari instruktur kami mendapatkan
ilmu baru yang nantinya akan kami adopsi dalam penerapan program di sekolah.
Pada alur Aksi Nyata, saya
dapat menjalankan tahapan Buat Pertanyaan dan Ambil Pelajaran berdasarkan model
Prakarsa perubahan BAGJA yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan demonstrasi
kontekstual dalam sebuah aksi nyata dan saya membuat dokumentasi pelaksanaan
tahapan yang telah dijalankan tersebut.
Setelah saya menuntaskan
mempelajari modul 3.3 ini saya mendapatkan pengalaman berharga, ilmu-ilmu
terbaru yang dapat saya terapkan di lingkungan kelas. Dengan bekal materi saya
bertekad akan bersungguh-sungguh mempelajari agar dapat berdampak positif
kepada diri saya sendiri, murid-murid dan seluruh warga sekolah.
FEELING
Saya merasa senang dan
bersemangat dalam mempelajari modul 3.3 ini apalagi
tentang program yang berdampak positif pada murid dimana kami selalu
berhadapan langsung dengan murid-murid baik dalam kegiatan intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Saya juga sangat beruntung dapat
berkolaborasi dengan CGP - CGP lainnya, dibimbing oleh pengajar praktik dan
fasilitator yang hebat sehingga dapat memotivasi saya untuk terus dan terus
belajar.
FINDING
1.
Mempelajari
bagaimana merencanakan, menggelola suatu program yang berdampak pada murid
2.
Bagaimana
menumbuhkan kepemimpinan murid melalui program-program sekolag dimana murid
memiliki voice (suara), choice (pilihan) dan ownership (kepemilikan).
3.
Mempelajari
7 karakteristik lingkungan yang dapat menumbuhkan kepemimpinan murid
4.
Mengembangkan ide dari ruang
diskusi menjadi sebuah Prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan
yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA
5.
Menjalankan tahapan Buat
Pertanyaan dan Ambil Pelajaran berdasarkan model Prakarsa perubahan BAGJA yang
telah dibuat sebelumnya pada tahapan demonstrasi kontekstual dalam sebuah aksi
nyata dan saya membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan
tersebut.
FUTURE
1.
Saya
akan berusaha dalam menerapkan apa yang sudah saya pelajari dimulai dari kelas
saya sebagai Langkah awal perubahan kemudian ke lingkungan sekolah
2.
Saya
akan berbagi konsep pengelolaan program yang berdampak kepada murid kepada
rekan sejawat untuk menyamakan pemahaman kami dalam Menyusun program-program
sekolah.
DOKUMENTASI KEGIATAN
AKSI NYATA PROGRAM ASAM PELAM
Komentar
Posting Komentar